200 WNI Tinggalkan Libya

Jakarta – Pesawat Tunisair sudah terparkir di bandara Tripoli, Libya. Pesawat ini siap mengangkut tak kurang dari 200 warga negara Indonesia (WNI) untuk keluar dari negara pimpinan Muammar Khadafi itu, menuju Tunisia.

“Sudah berangkat sekitar pukul 10.00 waktu setempat menuju bandara dari KBRI di Tripoli,” ujar petugas KBRI di Tripoli yang enggan menyebutkan namanya melalui sambungan telepon.

Dalam rombongan tersebut, imbuh dia, kebanyakan adalah pekerja PT Wijaya Karya. Sedangkan sisanya ada tenaga profesional, TKW maupun mahasiswi.

“Butuh waktu sekitar 40 menit sampai ke bandara. Ada penjagan rombongan oleh pihak keamanan setempat karena PT Wika bekerja di sana di bawah (order) perusahaan Libya,” imbuh petugas itu.

Rombongan WNI yang dievakuasi dibawa ke bandara dengan menggunakan 5 kendaraan dari KBRI dan 4 bus sewaan. Menurut petugas itu, pada hari ini tidak ada demonstrasi di sekitar wilayah KBRI di Tripoli.

“Kita nggak tahu kondisi di bandara seperti apa, yang jelas ada penjagaan petugas keamanan,” imbuh dia.

Kemlu merilis data ada sekitar 187 WNI yang ada di Libya. Evakuasi pertama menggunakan pesawat Tunisair yang akan membawa mereka ke Tunisia. Kemlu berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan WNI di Libya antara lain PT Wika, Pertamina dan Medco. Kapasitas pesawat yang akan membawa WNI yakni 250-260 penumpang. Evakuasi juga tidak dipungut biaya. Pemilihan Tunisia sebagai negara tujuan evakuasi telah berdasar pertimbangan yang matang.

Artikel Lain
Uang Khadafi di Juventus
Situs Kota Cina di Medan
Tenaga Ahli Indonesia Bekerja di Luar Negeri
Investasi di Indonesia tidak jelas
bunga papan
Surat untuk Presiden

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s