Ratusan Ruas Jalan Rusak

Jakarta – Sebanyak 763 ruas jalan yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta rusak. Sebagian bahkan masuk kategori rusak parah dan harus dibeton.

Kasudin PU Jalan Jakarta Pusat Indrastuti mengatakan dalam program 2011, terpantau ada 588 ruas jalan yang rusak di wilayahnya. Namun dengan anggaran yang ada, ruas jalan yang bisa ditangani hanya 98 ruas dengan sistem layer atau berlapis sesuai standar perbaikan jalan. Sementara sisanya hanya dilakukan tutup lubang.

“Untuk anggaran tahun 2011 diusulkan Rp 128 miliar untuk perbaikan jalan. Tapi yang direalisasikan hanya Rp 43 miliar. Dengan anggaran yang ada, ruas jalan yang bisa ditangani hanya 98,” kata Indrastuti seperti dihubungi wartawan, Selasa (1/3/2011).

Sementara itu, di Jakarta Selatan terdapat 131 ruas jalan yang rusak dan 70 ribu meter persegi diantaranya dilakukan penutupan lubang. Menurut Kasudin PU Jalan Jaksel Yayat Hidayat, anggaran penutupan lubang idealnya Rp 27 miliar namun yang diberikan hanya Rp 20 miliar. Sehingga penutupan tersebut tidak optimal.

“Yang telah dikerjakan dari 70 ribu meter itu baru 33 ribu meter persegi. Dengan anggaran tersebut akan dikerjakan 43 kegiatan pemeliharaan berat, 12 betonisasi, 14 trotoar dan 2 jembatan,” ujar Yayat.

Lain halnya di Jakarta Utara, ada 26 jalan rusak dan tidak memenuhi standar. Standar maksudnya tidak bisa diperbaiki sehingga harus dibeton. Namun untuk betonisasi perlu dana yang besar.

Di Jakarta Timur sendiri anggaran perbaikan jalan yang disetujui hanya Rp 92 miliar dari Rp 102 miliar yang diusulkan untuk tahun anggaran 2011. Untuk itu yang akan dibeton sebanyak 18 ruas jalan.

Sedangkan di Jakarta Barat dari dana Rp 250 miliar yang diusulkan, yang hanya dipenuhi Rp 59 miliar. “Karena anggaran dikurangi, untuk perbaikan hanya dilakukan 400 ribu meter persegi. Padahal, yang diperlukan sebanyak 2 juta meter persegi,” Kasie Pemeliharaan Jalan, Pardjiman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo sendiri mengatakan pihaknya akan memasukan proyek perbaikan jalan melalui sistem betonisasi dalam dedicated program tahun 2012.

“Sebagai ibukota tidak pantas jika jalan Jakarta ada yang tidak memenuhi standar,” ucapnya.

Artikel Lain
Harga Pertamax Naik
Polisi Dipecat
ERP di Jakarta ?
Revaldo Dituntut 9 Tahun Penjara

This entry was posted in Jakarta. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s